Lekat dengan kebutuhan masyarakat, telur ayam menjadi salah satu kebutuhan yang dicari. Telur ayam menjadi salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi. Tidak hanya untuk membuat kue, telur juga kerap disajikan sebagai pendamping makanan. Bahkan, ada anggapan makanan yang ditambah telur mata sapi atau ceplok menjadi lebih spesial.

Desa Sumberingin Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung mempunyai potensi usaha unggulan di bidang peternakan khususnya peternakan ayam petelur. Usaha perternakan ini telah lama ditekuni sebagian warga dan telah menjadi sumber penghasilan rumah tangga yang dapat diandalkan.

Rata-rata jumlah ayam yang yang diusahalan oleh seorang peternak sebanyak 1000 ekor dengan hasi telur mencapai 50 butir per hari. Hasil telur tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 19 ribu per Kg.

Biasanya telur-telur hasil budidayanya dipasarkan di pasar-pasar, warung-warung sembako, hingga agen penjual telur di sekitar Kecamatan Ngunut. Namun tak jarang ada pembeli yang langsung datang ke peternak untuk membeli telur

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?