USAHA GENTENG WARISAN NENEK MOYANG DESA SUMBERINGIN KULON

Pemandangan deretan genteng memenuhi halaman rumah-rumah penduduk kala memasuki wilayah Desa Sumberingin Kulon, Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Genteng ini diletakkan berjajar tak hanya di halaman rumah, namun juga memenuhi pinggir-pinggir jalanan kampung. Hampir di tiap rumah pun terlihat aktivitas warga dari tengah mengolah tanah liat, mencetak hingga membakar genteng di tobong. Seolah mereka tak mengenal hari libur, para warga tetap beraktivitas memproduksi genteng.

Hampir 80 persen penduduk di sini adalah pengrajin genteng, sehingga Sumberingin Kulon dikenal sebagai sentra genteng sejak puluhan tahun lalu, Kerajinan ini menjadi keahlian turun temurun, sehingga tetap terjaga sampai di masa modern saat ini. Meski harus bersaing dengan genteng hasil pabrikasi yang menggunakan genteng sintetis, spandek dan asbes.

Produksi genteng yang telah lama berjalan di Desa Sumberingin Kulon ini telah menjadi salah satu potensi desa diperhitungkan, warga mengandalkan pendapatannya dari hasil industri genteng tersebut. Pemasarannya pun kini telah menembus lintas Kabupaten dan Provinsi karena memiliki Kualitas yang cukup baik.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?